Multitasking Membuat IQ Turun

Multitasking Membuat IQ Turun

Kemampuan multitasking di era sekarang menjadi salah satu kemampuan penting, tapi kenyataannya di sisi lain kemampuan ini justru berpengaruh bagi diri. Diungkap David Rock, co-founder NeuroLeadership Institute dan penulis Your Brain at Work, ternyata multitasking justru mereduksi kemampuan seseorang, membuat IQ turun. "Multitasking membuat kita melakukan kesalahan, melewatkan banyak kesalahan kecil, melewatkan titik pekerjaan di saat yang belum semestinya, atau setidaknya melakukan kesalahan pengejaan."

Berarti sudah jelas bukan bahayanya multitasking di balik dampak positifnya terhadap kuantitas pekerjaan? Artinya, fokus tetap menjadi tuntutan utama. Dan untuk menjadi fokus, Anda perlu lakukan beberapa hal berikut:

1. Lakukan Pekerjaan Kreatif Di Urutan Awal
Seseorang cenderung lebih memilih pekerjaan sederhana terlebih dahulu, baru setelah itu bergerak ke pekerjaan berat. Padahal kondisi seperti ini justru memakan energi dan menurunkan kemampuan fokus. "satu jam saja waktu yang Anda habiskan untuk bekerja (baik pekerjaan ringan atau berat), Anda sudah kehilangan banyak kapasitas (dibanding saat baru memulai pekerjaan)," ungkap Rock. "Setiap keputusan yang Anda buat menjadikan otak Anda kekurangan energi."

Agar kemampuan fokus Anda lebih efektif, lakukan hal sebaliknya. Lakukan pekerjaan yang menuntut kreatifitas dan konsentrasi tinggi saat Anda baru mulai bekerja di pagi hari, dan kemudian lanjutkan pada pekerjaan yang lebih mudah.

2. Alokasikan Waktu Anda Dengan Tepat
Setelah meneliti perilaku kerja ribuan orang, Rock menemukan fakta bahwa daya tahan kebanyakan orang untuk mampu benar-benar fokus, rata-rata di kisaran 6 jam setiap minggunya. "Yang jelas dalam jangka waktu ini (6 jam) Anda harus pintar mengaturnya." Ucap Rock.

Mayoritas orang memperoleh fokus tertinggi mereka saat pagi dan malam hari, studi Rock menunjukkan 90% orang melahirkan hasil pemikiran terbaik mereka di luar jam kerja. Coba temukan dimana dan kapan Anda mampu berfikir fokus dengan sangat baik, dan alokasikan momen ini untuk melakukan pekerjaan paling berat.

3. Latih Otak Anda Tak Ubahnya Melatih Otot
Saat multitasking menjadi sebuah keharusan, otak Anda akan dengan cepat menyesuaikan diri. Anda akan kehilangan kemampuan fokus karena gangguan (pekerjaan lain yang dilakukan bersamaan) menjadi sebuah kebiasaan. "Kita sendiri yang melatih otak untuk tidak fokus," Kata Rock.

Latih konsentrasi Anda dengan menjauhkan sebuah gangguan dan berkomitmen untuk satu pekerjaan fokus. Mulai dengan perlahan, mungkin fokus pada satu pekerjaan selama 5 menit di hari pertama, lalu semakin bertambah lama di hari selanjutnya. Saat fikiran Anda gagal fokus, dorong diri untuk kembali pada pekerjaan yang sedang ada di tangan. "Hal ini hanya masalah pembiasaan." nasihat Rock. "Anda harus membangun otot yang kuat agar mampu tetap fokus."

Kemampuan Anda untuk bekerja secara kuantitas, justru bisa menjauhkan diri Anda dari pekerjaan yang berkualitas. Sejauh ini, hal-hal yang berkualitas jauh lebih dilirik, bukan?

 

Source: entrepreneur.com

Komentar

belum ada komentar

Silahkan Log In terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

artikel terkait

Kita hidup di atas tanah berpenduduk keempat terbesar di dunia ...

Friday, 26 December 2014

Bila Anda punya kesempatan memilih kekuatan superhero, kekuatan seperti apa ...

Monday, 9 March 2015