5 Hal Kebiasaan Pagi Yang Selalu Jadi Kebiasaan Salah

5 Hal Kebiasaan Pagi Yang Selalu Jadi Kebiasaan Salah

Bagi banyak orang, pagi hari terlihat tidak begitu penting. Momen-momen Anda pertama kali terbangun dan saat sampai di kantor biasanya jadi momen buram. Rutinitas Anda terlihat sangat tidak produktif dan Anda sendiri belum berniat merubah kebiasaan tersebut.
Sayangnya, pekerjaan di pagi hari justru lebih signifikan sebenarnya dan sudah jadi kebiasaan buruk untuk bekerja lembur. Pagi hari menentukan keseluruhan waktu Anda di hari itu, dan bahkan kesalahan kecil cenderung lebih rawan mengganggu produktiftas Anda saat sore hari hingga setelahnya.
Perhatikan kelima poin rutinitas butuk di pagi hari sebagai berikut. Jika terdapat dalam kebiasaan Anda, pertimbangkan segera untuk merubahnya:

1. Merasa Tidak Senang Saat Terbangun
Kadang terbangun oleh gangguan atau oleh kondisi yang tidak menyenangkan tidak dapat dihindari. Memilih alarm yang paling mengganggu di handphone Anda pun sebenarnya bukan keputusan yang tepat – keadaan ini justru membuat Anda merasa kesal. Selain itu, jangan pula menekan tombol snooze untuk menghentikan alarm selama 5 menit jadi kebiasaan, karena rasa kesal berlipat ganda akibat mendengar suara yang sama untuk kedua kalinya.

Saat terbangun, bangunlah dengan baik – sekalipun sulit dilakukan – secara perlahan bangunkan diri Anda dari tidur. Gunakan music favourite sebagai suara alarm atau tidur lebih awal untuk memperoleh jam tidur ekstra bisa menjadi alternative terbaik agar bisa terbangun dengan senang.

2. Terburu-Buru
Serba terburu-buru karena terlambat bisa penyebab tidak efektifnya produktiftas pagi Anda. Alasannya, karena Anda tidak memberi waktu pada otak melakukan persiapan. Malahan Anda merasa stress dan terjebak dengan pekerjaan ringan yang menyebabkan pengerjaannya terasa lebih lama. Bangunlah setidaknya setengah jam lebih awal dari biasanya agar memberi kesempatan pada otak lakukan ‘pemanasan’.

3. Melewatkan Sarapan
Inilah hasil dari terburu-buru tadi, meskipun banyak pula yang menyempatkan sarapan ditengah-tengah keterburuan mereka. Sarapan dianggap sesuatu yang tidak penting dan terkadang memilih sarapan dengan menu tidak bernutrisi seperti kopi atau teh. Padahal sarapan sehat dengan buah-buahan, karbohidrat kompleks, dan protein dapat membuat Anda focus lebih lama dalam satu hari. Persiapan perut ini hanya memerlukan 15 menit dari waktu pagi Anda.

4. Buka Mata Lalu Bekerja
Saat terbangun, hal pertama yang dilakukan adalah mengecek email, menelpon klien, atau memikirkan solusi masalah yang dialami satu hari sebelumnya. Apa terlihat seperti kebiasaan Anda?

Cara ini mungkin terasa produktif bagi Anda – Padahal, secara keseluruhan Anda sudah membuat pekerjaan lain yang (mungkin) lebih penting jadi tidak maksimal hasilnya akibat tidak melakukan ‘pemanasan’ bagi otak.

Sisihkan sedikit waktu di pagi hari untuk sekedar bermeditasi, olahraga, atau hal lain yang menyenangkan Anda. Melakukannya akan me ‘reset’ otak Anda dan memberikan focus yang jauh lebih baik.

5. Menunda Pekerjaan Penting
Sudah bukan hal baru lagi bahwa mengerjakan pekerjaan penting dan menuntu kreatifitas lebih seharusnya dilakukan paling awal. Jangan kerjakan dimenit-menit akhir kerja karena pekerjaan penting tersebut beresikomemberi hasil yang tidak penting.
Rutinitas baik menuntut kedisiplinan dan konsistensi. Pagi hari adalah waktu terbaik membentuk rutinitas positif.

Source: Entrepreneur.com

Komentar

belum ada komentar

Silahkan Log In terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

artikel terkait

Bila Anda punya kesempatan memilih kekuatan superhero, kekuatan seperti apa ...

Monday, 9 March 2015

Kembali ke tahun 1982, pria muda berumur 26 tahun bernama ...

Thursday, 12 March 2015