Ingin jadi orang Sukses? Terapkan kebiasaan ini!

Ingin jadi orang Sukses? Terapkan kebiasaan ini!

Kadang (kebanyakan) dari kita memikirkan, apa saja sebenarnya kebiasaan orang sukses sehingga mereka bisa punya duit sebanyak itu? Jika melirik banyak tulisan yang tersebar berbagai media (baik yang tradisional hingga konvensional), sepertinya penerapan kebiasaan mereka gampang-gampang susah. Gampang, jika kebiasaannya dipraktikkan sekali-dua kali. Susah, untuk membuat kebiasaan itu terus ada hingga menjadi kebiasaan kita sendiri yang berujung berkumpulnya duit.
Bagaimanapun, setiap diri kita terlahir dengan karakteristik berbeda yang membuat pola kebiasaan bisa saja berbeda. Tapi bukan berarti tidak ada kebiasaan orang sukses yang tidak bisa kita 'curi.' Ada kok, beberapa. Dikutip dari time.com yang mengambil referensi dari bukunya Stephen Covey berjudul 7 Habits of Highly Effective People, ada 4 kebiasaan orang sukses yang juga bisa jadi kebiasaan kita semua asal diterapkan dengan baik dan konsisten:

1. Mereka mem-fleksibel-kan otot idenya

Bukan dalam artian membuat ide yang bisa diterapkan pada semua pola bisnis melainkan lebih kepada tidak pelit ide agar orang lain juga bisa menghasilkan lebih banyak duit. Orang sukses tidak segan-segan memberi saran positif bagi kemajuan bisnis orang lain. Tujuannya, tidak lain untuk hubungan baik di masa depan.

Contohnya seperti yang dilakukan James Altucher, penulis buku best seller Choose Yourself. Altucher sempat mengundang salah satu petinggi Amazon dan memberi masukan pada Head of Business Development perusahaan tersebut tentang bagaimana meningkatkan bidang bisnis publishing mereka. Altucher berbagi ide tersebut secara gratis hanya untuk mengharapkan hubungan di masa depan dapat lebih baik. Kalian sendiri tentu bisa membayangkan bagaimana bagusnya jika memiliki hubungan positif dengan perusahaan sekelas Amazon.

2. Mereka tidak menabung 10% setiap bulannya

Mengenai manajemen duit, pasti Anda tidak asing dengan saran yang meminta Anda untuk menabungkan 10% dari pendapatan Anda setiap bulannya bukan? Orang sukses tidak melakukan itu. Maksudnya, mereka tidak hanya menabung sebesar 10% saja melainkan mereka menabung lebih banyak dari itu. Orang sukses sadar betul bahwa mereka bisa saja akan membutuhkan biaya lebih besar di masa depan untuk peristiwa-peristiwa tidak terduga. Dan tentu saja 10% saja tiap bulannya tidak akan cukup.

3. Tidak lupa dengan apa yang sudah diatur

Soal ide, jangan ditanya. Hampir kita semua memiliki ide tentang bagaimana cara mengatur duit paling benar. Ada yang membuat ide tentang cara mengatur duit versinya sendiri atau mungkin memakai ide manajemen duit orang lain. Tapi masalahnya, apa ide yang dibuat bisa berjalan terus-menerus? Tidak semua orang mampu untuk yang satu ini. Hal seperti inilah yang dijaga oleh orang sukses. Bagi mereka, ide tidak sebatas ide. Bagi mereka, ide mesti dijalankan secara konsisten dan teratur, terutama jika menyangkut perihal duit.

4. Mereka tidak hanya menjadi ‘penerima’, tidak jarang mampu jadi ‘pemberi’

Hidup tidak hanya bicara soal bagaimana memperoleh pelayanan terbaik, tapi juga harus mampu memberi pelayanan terbaik. Orang sukses percaya dengan prinsip ini. Bahwa dengan memberi, dampaknya sama saja dengan berinvestasi yang akan memberi kebaikan pula di masa depan.
Jadi bagaimana? Sebelum menjadi sukses apa Anda sudah punya kebiasaan seperti hal nya orang sukses? Bila memiliki kebiasaannya saja masih belum, bagaimana mungkin Anda akan bisa cocok menjadi orang berduit.

Komentar

belum ada komentar

Silahkan Log In terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

artikel terkait

Pada satu titik tertentu dalam hidup Anda mungkin sudah dilabeli ...

Friday, 13 March 2015

Dalam mencapai keberhasilan bagi bisnis diperlukan dukungan dari mentor, tim ...

Tuesday, 17 March 2015