Merasa Manajemen Anda Payah? Ini Cara Memperbaikinya

Merasa Manajemen Anda Payah? Ini Cara Memperbaikinya

Banyak dari Anda yang (mungkin) sudah bertemu dengan manajer yang payah atau mungkin Anda sendiri adalah manajer yang payah tersebut?

Dimanapun posisi Anda, entah manajer atau orang yang bekerja pada manajer, bila sudah dipandang/memandang payah, maka jadilah sebuah organisasi gagal. Lantas, apa yang sebenarnya membuat seorang manajer terlihat ‘payah’?

Yang namanya manajer, tugasnya jelas memimpin, membuat, mengatur, mengawasi, hingga evaluasi. Sederhananya, mengendalikan fungsi manajemen. Semua manajer tahu ‘bagaimana’ cara me-manage, hanya saja yang kerap salah dilakukan adalah pada ‘apa’ yang dimanage. Bila sudah salah mengatur objek yang diatur, maka resikonya membuat Anda terlihat payah dalam memimpin.

Kesalahan manajer dalam manajemen adalah karena banyak yang mengatur ‘orang’ nya, bukan ‘kerjaan’nya. Itu yang disampaikan Achievers, perusahaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbasis di San Francisco. Dikutip dari businessinsider.co.id, Achievers menyampaikan bahwa banyak organisasi kekinian yang salah dalam memandang manajemen dimana lebih memilih me-manajemen orangnya ketimbangan pekerjaannya, yang mana secara praktik bisa berbeda dalam penggunaan micromanaging atau kepemimpinan. Karenanya disarankan, bila tidak ingin disebut sebagai manajer yang payah, manage lah pekerjaannya, bukan orangnya.

Masih bingung perbedaan antara manajemen orang dengan pekerjaan? Cara Anda mengajukan pertanyaan/pernyataan pada karyawan bisa jadi pembeda, seperti berikut:

Manajemen Orang

Kamu datang ke kantor jam berapa?

Berapa banyak waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut?

Saat ini saya menginginkan semua karyawan berada di kantor untuk mengurusi semua konsumen!

Manajemen Pekerjaan

Saya ingin laporan itu sudah ada hari Kamis nanti pukul 2 siang.

Kita harus meningkatkan penjualan sampai 15% di bulan ini.

Kabari saya jika kamu butuh bantuan.

Sudah jelas bukan perbedaannya? Ke depan, bila ingin disebut sebagai manajer yang mantap, aturlah pekerjaannya. Bila ingin disebut sebagai pimpinan yang yoi, barulah Anda mengatur orangnya.

Komentar

belum ada komentar

Silahkan Log In terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

artikel terkait

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa bisnis Anda terasa begitu-begitu saja ...

Wednesday, 25 March 2015

Sejarah sudah banyak menunjukkan bahwa orang yang hidupnya penuh penampakan ...

Monday, 6 April 2015