Seven Magnificent, 7 Pengusaha Muda

Seven Magnificent, 7 Pengusaha Muda

Apakah yang terlintas pertama kali di pikiran Anda ketika mendengar kata “Anak Muda”? apakah menuju kearah negatif? Mengingat banyak anak muda sekarang ini egois hanya memikirkan diri sendiri, tidak memiliki kepercayaan diri untuk membangun masa depannya, dan sebagainya. Atau kearah positif yaitu berpikir tentang potensi, kreativitas, semangat muda serta pola pikir modern?

Begitu pun dalam segi berkarir, mungkin Anda merasa saat ini anak muda cenderung memilih cara yang instan untuk memiliki karir dan mendapatkan penghasilan, misalnya menjadi popular di media sosial facebook, Instagram maupu twitter. Namun, ada juga yang sudah menetapkan masa depannya sendiri seperti berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun profesi lainnya.

Tapi tahukah Anda? Bahwa tidak semua anak muda memilih jalan karir seperti di atas. Tenyata di jaman sekarang ini ada juga anak muda yang merambah ke dunia wirausaha. Bahkan di antara mereka banyak juga yang mulai berwirausaha saat mereka masih dalam pendidikan-baik penuh maupun paruh waktu. Biasanya, itu adalah siswa tingkat pendidikan yang lebih tinggi, seperti universitas atau disebut dengan studentpreneur.

Beberapa waktu lalu LOKAmedia mendapat kesempatan bertemu dengan 7 anak muda kreatif, berprestasi dan sukses mengelola bisnis dalam sebuah acara Global Student Entrepreneur Awards (GSEA) yang digelar di salah satu universitas di Jakarta. Ke-tujuh anak berprestasi ini merupakan pengusaha muda yang terpilih sebagai finalis di Global Student Entreperenur Awards (GSEA).

GSEA adalah kompetisi global utama bagi siswa yang memiliki dan mengoperasikan bisnis saat menghadiri kuliah atau universitas. Nominasi bersaing dengan rekan-rekan mereka dari seluruh dunia dalam serangkaian kompetisi lokal dan/ atau nasional dengan harapan dapat lolos ke Final GSEA. Didirikan pada tahun 1988 oleh Saint Louis University. Peserta kompetisi ini adalah mahasiswa atau mahasiswi yang memiliki dan mengoperasikan usaha minimal selama enam bulan.

GSEA merupakan salah satu program yang dibuat oleh Entrepreneurs’ Organization (EO) untuk mendukung dan mengembangkan wirausahawan pelajar, serta memberikan bimbingan, pengakuan, dan koneksi yang sangat dibutuhkan untuk membawa bisnis mereka ke tingkat kesuksesan berikutnya. Selain itu, Memberdayakan pengusaha muda untuk menjadi pembuat perubahan yang paling berpengaruh di dunia.

GSEA ini diikuti oleh ribuan wirausahawan pelajar dari 56 negara yang ikut kompetisi tersebut, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri kompetisi GSEA sudah berlangsung sebanyak lima kali. Pada tanggal 12 februari 2018, GSEA Indonesia yang bekerja sama dengan Rumah Kreatif Bank Mandiri lnkubator Bisnis, kembali digelar dengan peserta yang tentunya memiliki usaha bisnis yang unik dan layak untuk dikompetisikan di kancah internasional. Dengan adanya kompetisi GSEA mahasiswa Indonesia yang juga mengelola bisnis memiliki kesempatan yang besar untuk memperkenalkan hasil karya, ide dan kreativitasnya. Disamping itu, mereka juga bisa menjadi sumber inspirasi dan memunculkan semangat kepada generasi muda walaupun sedang menjalani pendidikan di bangku kuliah, mereka mampu berbisnis, membuat produk yang bermanfaat untuk masyarakat dan membuka lapangan kerja baru untuk orang lain.

Pada acara GSEA 2018, ke-tujuh finalis ini memperkenalkan produk yang di produksinya. Produk yang dihasilkannya beraneka ragam mulai dari aksesoris, makanan, hingga produk yang bermanfaat untuk orang lain. Produk yang mereka hasilkan bukan lah produk yang sudah jadi dan dijual orang lain, tetapi buah karya ide, kreativitas dan research yang memakan waktu cukup lama untuk menghasilkan produk yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Maka, jangan heran jika produk yang dijualnya laris di pasaran dan di usianya yang masih 20-30 tahun sudah bisa menghasilkan omset miliaran. Dalam pembuatan produknya studentpreneur tidak bekerja sendiri, Mereka melibatkan masyarakat di sekitarnya dengan maksud membuka lapangan pekerjaan dan mengembangkan bakat yang ada pada masyarakat.
Nah, siapa saja yang masuk menjadi finalis Global Student Entrepreneur Awards? Baca di artikel selanjutnya ya.

Komentar

belum ada komentar

Silahkan Log In terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

artikel terkait

Berapa banyak dari kita mengalami kejadian ini: mengungkapkan sebuah rahasia ...

Friday, 22 December 2017

Dan jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya/ Musik akan menghentak ...

Thursday, 5 April 2018