IndoSterling Forum I: Asian Games 2018 Sebagai Katalis Pertumbuhan Ekonomi

IndoSterling Forum I: Asian Games 2018 Sebagai Katalis Pertumbuhan Ekonomi

Olahraga memiliki tempat istimewa di hati masyarakat dunia. Tidak sekedar berperan sebagai kebiasaan baik yang memelihara kesehatan dan kebugaran jasmani, olahraga memiliki banyak peran lain dalam masyarakat: rekreasi mental, konsolidasi sosial politik, hingga sebagai katalis pertumbuhan ekonomi.

Dampak olahraga sebagai katalis pertumbuhan ekonomi semakin terasa khususnya pada penyelenggaraan perhelatan olahraga internasional, termasuk Asian Games. Pengalaman menjadi tuan rumah Asian Games 1962, di mana Indonesia menginvestasikan tidak sedikit dari APBN untuk membangun Gelora Bung Karno, Istora Senayan, Patung Selamat Datang, dan Jembatan Semanggi. Hasilnya, Indonesia menerima banyak pujian dan liputan positif dari tamu-tamu kenegaraan yang hadir, delegasi-delegasi peserta pertandingan, hingga reporter-reporter media internasional. Kemegahan arsitektur dan kemampuan Indonesia membangun infrastruktur yang mengagumkan dalam waktu yang singkat mengundang decak kagum, menjadikan Indonesia buah bibir hingga bertahun-tahun setelah penyelenggaraan Asian Games 1962, meningkatkan citra Indonesia sebagai tujuan investasi yang menjanjikan sebab Indonesia berhasil memproyeksikan kemampuannya bertumbuh dengan pesat.

Berkaca dari pengalaman, kini Indonesia kembali menunjukkan taringnya sebagai penyelenggara Asian Games 2018. Perhelatan akbar ini menjadi ajang bagi Indonesia untuk menunjukkan potensi investasinya untuk memberikan rasa aman dan percaya diri di kalangan investor dan memproyeksikan citra Indonesia yang bertumbuh secara progresif sebagai tujuan investasi.

Pada 21 Maret 2018, IndoSterling Group mendedikasikan penyelenggaraan IndoSterling Forum yang pertama untuk mengupas potensi investasi dan implikasi ekonomi Asian Games 2018. IndoSterling Forum merupakan panel diskusi dwibulanan yang diselenggarakan oleh IndoSterling Group untuk tema terkait perekonomian dan keuangan. Setiap topik dirancang untuk bisa memberikan inspirasi, optimisme, bahkan solusi bagi para pelaku ekonomi.

Hadir dengan tema “Meraih Medali Proyek di Arena Subur: Implikasi Penyelenggaraan Asian Games 2018”, IndoSterling Forum I mengundang Hasan Abdul Gani selaku Director of Revenue dari INASGOC – Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee; Anggawira, Kepala Bidang Organisasi, Badan Pengurus Pusat HIPMI; dan Irwandi, Kepala Dinas UMKM, Koperasi, dan Perdagangan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Mewakili pihak penyelenggara Asian Games 2018, Hasan Abdul Gani memaparkan perkembangan terkini persiapan perhelatan olahraga terbesar di Asia tersebut, termasuk hambatan-hambat yang berhasil diatasi dan tantangan yang masih akan dihadapi. Hasan Abdul Gani juga menjelaskan mengapa penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan investasi penting bagi Indonesia, serta hasil yang diharapkan dari investasi tersebut. Peluang fantastis yang muncul dari posisi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 juga turut dijabarkan dalam pemaparannya: ratusan ribu atlet, kru, media, dan penonton dari seluruh penjuru Asia dan bagian lain dunia yang akan hadir sebelum, selama, dan setelah pagelaran megah ini yang perlu dimanfaatkan pelaku bisnis.

Anggawira, pembicara kedua yang mewakili HIPMI sebagai kalangan pelaku bisnis menyoroti bagaimana Asian Games menjadi momentum untuk mendatangkan investasi dan menggerakkan ekonomi lokal. “Koordinasi dan kerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta sangat penting untuk menggerakkan ekonomi domestik.”, berikut dikatakan Anggawira dalam pemaparannya. Menambahkan, “Kolaborasi akan membuat suatu iklim usaha yang positif.”

Kepala Dinas UMKM DKI sebagai pembicara ketiga, Irwandi, meyatakan siap untuk mendukung Asian Games 2018. Dikatakan Irwandi, pihaknya terus berusaha untuk mencari “Win-win solution untuk keterlibatan UMKM dalam Asian Games 2018”. Ada total 350 UMKM dari total 1.500 UMKM binaan Pemerintah DKI yang memenangkan proyek terkait persiapan dan penyelenggaraan Asian Games 2018. Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 adalah kesuksesan bersama. “DKI sukses, INASGOC sukses, Indonesia sukses”, imbuhnya.

Demikian inspirasi dari IndoSterling Forum I yang bisa LOKAmedia bagikan. Apakah KawanLOKA sempat hadir dalam penyelenggaraan ini? Kawan LOKA yang tertarik untuk mengikuti IndoSterling Forum berikutnya bisa mengikuti kanal-kanal sosial media LOKAmedia untuk mendapatkan informasi penyelenggaraan IndoSterling berikutnya. Bagikan inspirasi ini untuk kerabat yang tertarik mengikuti perkembangan Asian Games 2018, ya, KawanLOKA!

Komentar

belum ada komentar

Silahkan Log In terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

artikel terkait

Dan jika kami bersama, nyalakan tanda bahaya/ Musik akan menghentak ...

Thursday, 5 April 2018

Sekarang ini, membangun usaha menjadi pilihan banyak orang. Karena, menjadi ...

Tuesday, 24 April 2018